Selasa, 20 November 2018

Bisnis Plan Bola-Bola Coklat


 BUSINESS PLAN
BOLA BOLA COKLAT



Nama Usaha             : Bola-bola Coklat
Alamat                       : Jl. Kalimutu 4 Blok C17 No. 12, Harapan Jaya
Tanggal Berdiri         : 11 Agustus 2017
Contact No                  :087765902354
Email                            : bola2coklat@gmail.com

Disusun Oleh:
Alifia Waratsati Jannah (20218556)
Tarissa Ramadhani (26218978)

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
Produk Lama                                                     


Produk Baru

PENDAHULUAN

1. 1 SEJARAH BERDIRINYA USAHA
        Tentunya tujuan utama setiap orang dalam membuka sebuah usaha adalah berhasil dalam mengelolah dan juga mengembangkan usaha tersebut agar cepat dikenal oleh masyarakat dan juga mudah diterima dalam lingkup masyarakat. Dalam hal tersebut, kita harus menyusun beberapa strategi mulai dari penentuan jenis produk yang ingin dijual, kualitas produk, bahan-bahan apa saja yang diperlukan, serta menentukan harga yang pas. Dalam pemilihan jenis produk, pilihlah produk yang memiliki bahan dasar yang mudah ditemui di pasaran, untuk penetuan harga setiap produk, kita harus mengetahui terlebih dahulu kepada siapa kita akan memasarkan produk-produk yang kita jual. Dalam penentuan harga, tidak boleh asal saja, kita harus memikirkan berapa besar keuntungan yang akan diterima agar usaha yang kita kembangkan tidak mengalami kerugian. Setelah cukup memenuhi beberapa strategi tersebut, barulah kami mulai membuka usaha kuliner Bola-bola coklat ini.

1. 2 VISI DAN MISI USAHA BOLA-BOLA COKLAT
·         VISI
1.      Memperoleh keuntungan dan laba.
2.      Mengembangkan dan memperbarui produk yang sudah ada dipasaran dengan menyajikan beberapa pilihan rasa yang baru.
3.      Menyediakan produk yang halal.
4.      Menyajikan makanan yang dapat dikonsumsi seluruh kalangan.

·         MISI
1.      Memperkenalkan bola-bola coklat produksi kami kepada masyarakat sekitar.
2.      Menjaga kualitas dan terus berinovasi.
3.      Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat.




ASPEK PEMASARAN

2. 1 GAMBARAN UMUM PASAR (STP)
SEGMEN PASAR
§  Demografis: sengaja kami memilih membuka usaha Bola-bola coklat ini,agar                  
Semua orang dapat menikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
§  Geografis: sebagai pembuka usaha yang masih baru, kami memilih lokasi tempat                                                                              
             berjualan yang ramai agar banyak orang yang melirik dan tertarik untuk
             mencoba.
§  Psikografi: kami juga harus menentukan berapa keuntungan yang akan didapat-
                        kan.

TARGET PASAR
§  Orang-orang terdekat, keluarga,serta kerabat.
§  Masyarakat sekitar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

POSITIONING
§  Produk yang masih jarang di pasaran.
§  Rasa yang kami berikan mampu bersaing dengan produk yang lain.
§  Varian rasa yang berbeda membuat masyarakat tertarik untuk mencoba.
§  Produk yang kami buat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran.
§  Menyajikan produk yang berkualitas.
§  Bola-bola coklat bisa dijadikan sebagai cemilan atau dessert sebagai penutup setelah makan makanan yang berat.




2. 2 PERMINTAAN

Bulan
Perkiraan permintaan
Agustus
500
September
550
Oktober
560
November
600
Desember
615
Januari
640
Februari
620
Maret
650
April
700
Mei
690
Juni
700
July
720
Rata rata
628
2.3 Modal
PERALATAN
HARGA
Kompor
Rp 300.000,-
Tabung gas
Rp 20.000,-
Blender
Rp 120.000,-
Wajan
Rp 25.000,-
Panci
Rp 25.000,-
Aneka wadah
Rp 40.000,-
Spatula
Rp 15.000,-
Spanduk
Rp 50.000,-
Total
Rp 595.000,-
      
Biaya Variable
BAHAN PRODUKSI
HARGA/SATUAN
JUMLAH
TOTAL HARGA
Kue marie
Rp 15.000,-/ sachet
3 sachet
Rp. 45.000,- x 30 = Rp. 1.350.000,-
Coklat blok
Rp 9.000,-/ 1/2kg
1/2 kg
Rp 9.000,- x 30 = Rp 270.000,-
Susu kental manis
Rp 9.000,-/ kaleng
3 kaleng
Rp 27.000,- x 30 = Rp 810.000,-
Mesis
Rp 11.000,-/ kg
1 kg
Rp 1.000,- x 30 = Rp 330.000,-
Selai strawberry
Rp 10.000,-/ kg
1 kg
Rp 10.000,- x 30 = Rp 300.000,-
Mentega
Rp 5.000,-/ kg
1 kg
Rp 5.000,- x 30 = Rp 150.000,-


Total
Rp. 3.210.000,-

            Rp. 51.581,- + Rp. 3.210.000,- = Rp. 3.261.581,-
2.4 KEUNTUNGAN
Penjualan rata rata :
628 unit x Rp. 10.000,- = Rp 6.280.000,-/bulan

Keuntungan perbulan
Laba          = Total pendapatan – Total biaya operasional
= Rp. 6.280.000,- - Rp. 3.261.581,-
= Rp. 3.018.419,-/bulan
2.5 BAURAN PEMASARAN
Produk
·         Variable Produk : Bola Bola Coklat Dan Bola Bola Strawberry
·         Nama Produk : Bola Bola Coklat
·         Varian : Coklat dan Strawberry
·         Kualitas : Kami memberikan kualitas terbaik dalam produk kami dan juga terbuat dari bahan bahan yang halal
·         Desain : Desain yang kami pakai pada produk kami dengan menggunakan coklat blok dengan warna pink
·         Fitur : Yang membedakan produk kami dengan produk lainnya adalah kami menggunakan coklat blok yang berwarna agar menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kami
·         Nama Merk : Bola Bola Coklat
·         Kemasan : Kami menggunakan box, 1 box kami isi dengan 6 pcs bola bola coklat
·         Ukuran : Kami memiliki ukuran bola bola coklat yang sama dengan bola bola coklat lainnya yaitu 2x3cm

PRICE
·         Daftar Harga : 1 box bola bola coklat seharga Rp. 10.000,-
·         Diskon : Kami memberi diskon beli 5 gratis 1 kepada konsumen

PROMOTION
·         Publisitas : Melalui broadcast dan mempromosikan secara langsung atau face to face
·         Penjualan Personal : Menggunakan pendekatan face to face kepada para konsumen
·         Promosi Penjualan : mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dan menggunakan kemasan yang semenarik mungkin agar konsumen tertarik
·         Penjualan Langsung : Kami membuka stan didaerah bekasi utara
·         Word of mouth

PLACE
·         Saluran : Saluran pemasaran kami disekitar daerah Harapan Jaya
·         Lokasi : Lokasi stan kami berada di Jl. Kalimutu 4 Blok C17 No.12 Harapan Jaya, Bekasi Utara
·         Persediaan : Setiap harinya kami menyediakan 650 box dan terkadang masih kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar